PROSES PERSALINAN DI DALAM AIR (WATERBIRTH)

Pada umumnya proses persalinan dilakukan di darat yaitu di atas tempat tidur…..(heeheehe) Nah kalo yang ini di atas air.

Ada yang dah pernah membaca tentang waterbirth?, bagi yang belum yuk kita simak sedikit tentang hal ini.

Waterbirth adalah proses persalinan yang dilakukan di dalam air. Sang ibu yang akan melakukan proses persalinan memasuki air kolam saat mulut rahim sudah tahap pembukaan 6.

Di Negara-negara seperti Rusia, Amerika Serikat, dan beberapa Negara di asia, Waterbirth telah dikenal sejak lama. Tapi kalo di Negara kita, Indonesia, baru mengenal Waterbirth pada tahun 2006. Klinik bersalin yang menerapkan metode Waterbirth di Indonesia baru ada satu lo, belum ada di daerah yang lain. Klinik tersebut adalah klinik Rumah Bersalin yang beralamatkan di Jl. Wijaya Jakarta.

Kenapa sih harus melakukan persalinan di dalam air?

Menurut dr. T. Otamar, SpOG:
β€œSaat melahirkan di dalam air, rasa nyeri akan berkurang ketimbang saat melahirkan di atas ranjang. Pasalnya, sirkulasi darah uterus lebih baik, sehingga sang ibu yang akan melahirkan merasa lebih rileks”.

Apakah tidak bermasalah bagi sang bayi?

Menurut dr. T. Otamar, SpOG, : Di rahim, bayi tidak bernafas seperti bayi yang ada di darat, karena kadar prostaglandin-nya masih tinggi sehingga otot diafragma belum berfungsi. Untuk itu, tidak jadi masalah bagi bayi yang baru lahir meluncur di dalam air, asalkan begitu lahir, langsung diambil.

Tetapi metode Waterbirth ini perlu dipertimbangkan bagi sang ibu yang kondisinya tidak memungkinkan untuk memakai metode ini, seperti bagi ibu yang memiliki kondisi preeklamasia (ada kemungkinan bayi prematur, bayi kembar, sungsang, pendarahan, infeksi herpes), karena virus herpes tidak mati di air hangat, sehingga dapat menular pada bayi yang baru lahir.

Apa sih kelebihan & Kekurangan dari metode Waterbirth ?

Kelebihan:

Rasa nyeri saat melahirkan berkurang dibandingkan dengan melahirkan di atas tempat tidur, dan proses persalinan akan lebih cepat ketimbang melahirkan di darat.

Kenapa nyeri berkurang?, karena adanya relaksasi terhadap seluruh otot tubuh karena berendam dalam air hangat (yang steril) yang telah diatur dalam suhu 34 derajat celcius, nah…….saat tubuh sang ibu merasa lebih rileks, tubuh ibu akan mengeluarkan hormon endorphin untuk mengurangi rasa nyeri. Jadi berkurang rasa nyerinya.

Perineum menjadi lebih elastis dan relaks, robekan/episiotomi dapat dihindarkan.

Ketika proses persalinan, sang ibu dapat mengubah-ubah posisi sesuai keinginan.

Metode Waterbirth ini memberikan manfaat bagi bayi : Karena otot lebih relaks, panggung lebih terbuka lebar, sehingga bayi keluar lebih lancar.

Air kolam yang hangat membuat bayi berasa masih di dalam air ketuban.

Kekurangan :

Rasa nyaman pada sang ibu saat berendam di dalam air membuat sang ibu malas untuk mengejan.

Sumber : Koran Tempo, 26 Juni 2007.

Bagi temna-teman yang punya info nama-nama Rumah Sakit yang sudah menerapkan program ini, silahkan dibagi infonya disini ya…

About these ads

85 thoughts on “PROSES PERSALINAN DI DALAM AIR (WATERBIRTH)

  1. Alhamdulillah saya sudah mempunyai buntut sebanyak 3 orang, yang paling kecil usia 9 tahun. Tapi sekarang saya sedang hamil lagi. usia saya 40 thn dgn usia kandungan 6 bulan. 3 kelahiran sebelumnya selalu normal dgn bb bayi 3.25kg, 3.4kg dan terakhir 3.8kg. Nyerinya sakit krn persalinan normal menjadi hal yang wajar dan kodrati. Tapi krn kali ini usia sudah 40 dan menurut info yang saya dapat – kemungkinan bb bayi akan lebih besar dari kelahiran terakhir ( bisa mencapai 4kg). Saya takut tidak kuat ketika mengejan dan sedang mencari info ttg water birth. Terimakasih mba nining atas info di atas, tapi mungkin mba Nining bisa bantu cari info lagi – katanya di bali juga ada dan biayanya lebih murah.
    Thanks ya mba sebelumnya.

    • @Mba iis:
      Thanks juga mba..:)

      Kemungkinan sekarang di kota-kota lain ada kali mba..
      Klo dulu waktu saya cari info sebelum posting tentang ini, baru ada satu di jakarta doang :)

      Semoga berhasil dengan lancar proses melahirkannya ya mba..
      smangaaaaaaaaaaat mengejan mba :)

  2. water birth di Meulaboh-Aceh ada lho, di rumah sakit bantuan pemerintah Australia Bumi Sehat. Rumah sakit yang sma di Bali ada, tempat dimana Oppie andaresta melahirkan tapi gak tahu water birthnya ada apa gak. Sy jg pengen melahirkan secara WB tp sdh ada gak ya?

  3. tehnik Persalinan “water BIRTH” SUDAH TERSEDIA DI RB PERMATA HATI, SATU2XNYA DI JAWA TENGAH ALAMAT JL. LETJEN SUTOYO 618 SRAGEN TLP. (0271) 891165

  4. Klo diSurabaya udah ada belum ya proses untuk water birth. tolong di info dong di rumah sakit mana dan di pegang sama Dokter siapa. thx

  5. Info WB di sumatera

    1. RS PMC (Pekanbaru Medical Centre)
    Jl. Lembaga Pemasyarakatan no.25 Gobah
    Pekanbaru
    Telp. 0761 848100
    Ditangani oleh Prof. Dr. H. K. Suheimi, SpOG(K)

    2. RSB BUNDA (Padang)
    Jl. Gajah Mada no.35
    Padang
    Telp. 0751 7055995

  6. untuk, mbak wiwid.. saya tinggal di denpasar & sekarang sedang hamil tua, rencana pengen melahirkan di rumah Sehat Madani dps, apa mbak wiwid pernah melahirkan disana? bagi pengalamnnya dong? boleh tau no hpnya?

  7. Kl dikotaku -solo- br aja ada, malah di RB.Johan, utk di RS kayaknya blm ada malah, ni kg br hamil 7bln.. Pengen nyobain.. Doain lancar ya..

    • Kalo beliau termasuk bidan yg ahli dalam waterbirth its ok mba…, soalnya metode ini ga gampang dipraktekkan begitu saja…, tp ada standar standar yg harus dimiliki ketika membuka program waterbirth …. ^__^

  8. asalamu’alaykum

    saya mau menginfokan di Yogyakarta juga uda ada teknik melahirkan water birth..tepatnya di RS Happy Land medical center yogyakarta… alamatnya: jl. ipda tut harsono no.53 timoho yogyakarta, tlp: 0274-550060… kebetulan saya bidan disana…

  9. wah di jawa tengah sudah ada yah. yang di surabaya sudah ada belum yah? ada yg tahu tdk di surabaya ataupun di bandung ada tdk y water birth mhon infonya terimakasih

  10. Ping-balik: Kekuatan Air Dalam Dua nyaWa « roestanainie

  11. kira2 kalau klinik bersalin dijakarta ada program WB ga yah mba? krn pasti lbh murah dibandingkan di RS. atau punya alamat bidan yg sdh ahli menangani WB utk proses persalinan dirmh mba? utk daerah jkt ya mba. thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s