Tips Memasak Menggunakan Microwave

Kalau ingin mencoba memasak mempraktekkan resep masakan di majalah atau dari sumber yang lainnya, kalau tertulis dimasak selama 20 menit, maka ketika kita akan menggunakan microwave saat memasak, waktunya dikurangi menjadi 15 menit, karena mengolah masakan menggunakan microwave akan lebih cepat matang.

Potonglah bahan makanan seukuran dan sebentuk, agar hasilnya matang merata.

Untuk masakan berkuah, kurangi airnya sepertiga dari ukuran normal, karena penguapan di dalam microwave tidak sebanyak seperti memasak menggunakan kompor.

Pilih tempat meletakkan makanan yang berukuran lebih besar dari yang disarankan bila memakai open biasa.

Ikuti saran memasak makanan sesuai petunjuk di microwave. Tergantung jenis bahan makanan yang akan dimasak.

Untuk Menambahkan keju atau topping lainnya sebaiknya dilakukan setelah makanan matang, agar tidak keras atau lembek.
Bila perlu, dimasak lagi selama 1 menit pada suhu panas sedang agar topping menyatu dengan makanan.

Jangan lumuri daging dengan tepung bila hendak memasaknya dengan air karena tepungnya akan menjadi lembek.

Sumber : Majalah chic Februari 2007.

6 thoughts on “Tips Memasak Menggunakan Microwave

  1. @Fadhly:

    Bisa saja….

    Pengalaman dari teman-teman di Id.answers.yahoo.com: beliau sering membuat kentang bakar dengan cara kentangnya di bungkus, langsung masuk microwave.

    di acara-acara kuliner pun, sudah banyak yang memakai cara seperti yang Anda tanyakan..

  2. monicantik berkata:

    Ibu, pertanyaan di atas tolong jawab dong..hehe. Saya mau bikin cupcake nih, tapi ga punya oven, punyanya microwave, aman ga sih pake hanmax? Di kemasannya sih ditulis aman, tapi saya ga yakin hehe. Karena saya cari di google answer katanya masukin alumunium foil ke microwave tuh pasti bakal kebakaran.

    • @Mba monica:
      Hihihihi iyup upa jawab euy..
      berdasarkan sharing dgn tmn2 yg lain, ada yg aman2 aja saat pakai aluminium foil, ada juga yg mengeluarkan percikan api..

      Jadi untuk lebih hati2nya, jangan pakai aluminium foil saat memakai microwave mba🙂

  3. dewi berkata:

    Saya ingin bikin macaroni panggang cuma ada microwave aja di rumah. Bisa berhasil ga ya? bagaimana cara pengaturan temperatur ama waktunya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s