Pengalaman Harta Berharga Bagiku

12721-hamil-setelah-melahirkan--kok-bisa-

Pengalaman Kehamilan yang tak kunjung tiba bagiku sangat berarti. Aku bisa belajar berempati terhadap orang lain yang senasib denganku. Aku marah saat orang-orang di sekelilingku bertanya tentang kehamilanku yang tak kunjung datang dengan kalimat yang nyinyir (bisa dibedakan antara orang yang berkata dengan kalimat yang positif atau negatif). Sehingga akupun belajar untuk diam menunggu kehamilan seseorang yang dia lama juga tak kunjung hamil, daripada aku berkata:

“Sudah belum? kok lama banget sih?”
“Kok belum hamil-hamil sih?”
“Sudah periksa ke dokter belum?”
“Ada keluarganya yang ga punya anak ya?”

Dan sederet kalimat lain yang senada. Mengapa aku tidak berkata seperti itu jika ada teman yang belum juga hamil? karena:

Dengan aku banyak bertanya berkali-kali, bisa menyakiti hatinya
Dengan aku banyak bertanya berkali-kali, bisa membuatnya jadi tertekan
Dengan aku bertanya berkali-kali, bisa membuatnya bosan
Karena aku sudah merasakan sendiri rasanya diterkam dengan pertanyaan-pertanyaan semodel diatas.

Yang kulakuakan hanya diam, sambil mensuportnya agar semangat berikhtiar demi kehamilan.

Meskipun terkadang ada rasa dongkol saat bertemu dengan seseorang yang dulu dia belum menikah, dia rajin berkata-kata semodel kata-kata diatas,akhirnya sekarang dia pun qodarulloh belum hamil-hamil. Ingin rasanya menyentilnya dengan perkataan sesukaku…

Hanya berkata didalam hati, enak kan rasanya? nikmat kan rasanya diterkam dengan perkatan-perkataan (nyinyir) karena belum hamil?

*Pict diambil dari sini*

One thought on “Pengalaman Harta Berharga Bagiku

Tinggalkan Balasan

