Siapa Yang Ingin Menurunkan Berat Badan (BB)…??

Menurunkan BB memang bukan suatu hal mudah, butuh kedisiplinan dan kesabaran. Bagi Anda yang sedang memikirkan BB Anda -apakah harus menurunkan BB atau tidak- ada cara mudah untuk mengetahui BB kita sudah ideal atau belum.

Caranya yaitu menghitung BB kita dengan rumus Index Berat Badan.

Rumus Index BB :

BB(Kg)
_____
(T)(T)

Keterangan:

BB= Berat Badan
T = Tinggi Badan

Hasil=

= Obesitas

Contoh: Jika Berat Badan Anda 58 Kg, Tinggi badan 146 Cm.
Maka, Anda hitung sebagai berikut:

58 Kg 58
____________ = ____ = 27, 23
(1,46)(1,46) 2,13

Hasilnya adalah 27,23 (berarti anda termasuk Obesitas).

Jika hasilnya normal, anda tidak perlu menurunkan BB.
Jika hasilnya dibawah 18, berarti Anda harus menaikkan BB. -bukan malah menurunkan BB-.
Jika hasilnya diatas 23, berarti anda harus menurunkan BB.

Jika Anda harus menurunkan BB, tapi bingung kira-kira harus menurunkan BB berapa Kg.
Maka kita gunakan cara sebagai berikut:

(T)(T) X 22 = (1,46)(1,46) X 22 = 2,13 X 22 = 46,86

46,86 – 27,23 = 19,63

Dari hasil penghitungan diatas, Anda harus menurunkan BB sebanyak 19,63 Kg. Ini berarti Anda harus mempunyai BB sebesar 38,7 Kg saja (58 – 19,63 = 38,7).

Nah, dengan cara itu bisa membantu kita untuk memutuskan harus menurunkan BB atau menaikkan BB.

Selamat berhitung…^__^

About these ads

37 thoughts on “Siapa Yang Ingin Menurunkan Berat Badan (BB)…??

  1. trims mbak nining atas tips-nya,
    tips yang di blog sebelah juga sudah saya baca….
    wah ….. mbak nining ini blognya banyak juga ya?

    skedar saran, blog yang di sebelah kok warna tulisannya rancu dengan warna backgroundnya ya? akan lebih enak dibaca kalo warna tulisannya lebih kontras dengan warna BG.

    salam,

  2. @Gus:

    Sama2 Mas…

    Alhamdulillah banyak, tapi yg aktif posting cuma beberapa saja..

    Trimakasih sarannya…*tapi yg dimaksud rancu warnanya yang sebelah mana mas?, karena tampilan disini enak-enak aja buat dibaca mas…*

  3. Sorry Mbak Nining,

    Karena koneksi agak lemot… saat buka blog yang multiply maka yang tampil hanya tulisan dan background bumi itu… (ini yang rancu)… tapi setelah full loading … nggak lagi karena dibelakang tulisan masih ada background lain (ada bintang2) yang agak gelap sehingga mudah dibaca.

  4. Salam kenal,mba nining. bagus banget tu postingan n bermanfaat banget. sehabis melahirkan anak ke2 aku melar n sempat minder ni. banyak teman bilang aku ngga gemuk tapi aku semua celana kagak muat lagi. Nah, aku mau hitung dulu ah. sapa tau aku emang BB ku tinggi.

    • @Mba Jayrima:

      Salam kenal kembali mba…:)

      Alhamdulillah jika bermanfaat ya mba, Saya juga ikut senang..
      Kalo pas hamil n hbs melahirkan, kebanyakan ibu2 katanya melar ya mba?…[maklum saya blm hamin nih…:D]

      Selamat menghitung mba….^_*

  5. mBa,bSa g ngLngn lemak di pipi/agak tmbem gt deh.wlpn ktnya kLo tembem,imut2,tp ga enk jg y.ky bApao gto.
    oy,da tipz jg ne bwt nurunin berat badan:
    ~kalo mkn pelan2,jngn terburu2.krna klo qt menikmati mkanan tu akan mmbuat kenyang.jd ga perlu nambah2 mknn lg.
    ~truz,shabiz mkan,usahakan jngan lngsung tiduran.tp jalan-jalan (cukup di ruangan rumah) slama krng lbiH 15menit.
    ~mkanlah mkanan yG mengenyangkan,coNtoh:kcng hjau mtang,kentang,dLL
    ~bnyk mNum air puTiH
    ~Boleh mkan 3x shari atau bAhkan lebiH,Tapi dngan cAra mengurangi porSi makan.
    ~olahraga teratUr,atau jika ga smpet.lKukan aktvTas apa sja yG bsa mengeluarkan keringAt n’ bsa melupakan rSa lapar.
    ..msH bnyk yAng laen si tipz2nya,tp di lanjuT kpan2 ja Y.
    Q mau jwAbAn tentang mengecilKan pipi aja.TloNg di jaWaB Y,mksH.

    • @Nita:
      Hihihihihi, malah chuby dong..:p

      Menghilangkan lemak dipipi insya Allah bisa, yaitu dgn rajin olahraga..
      Dengan membakar lemak melalui olahraga, lemak yg ada di seluruh tubuhpun bisa hilang, begtu juga di pipi..

      Tips dari mba bagus2 loh, trimakasih ya..^_^
      Selamat mengempeskan pipi chuby..:p

  6. y deH tk cObA oLAhragA teratUr.tp kira2,OLahraga pa yG pALing mUjarAb?
    biAR cepEt eFeknya gto.
    duh,ga enk ne pny pipi chuBy..wlpn ga cHuby2 amat..buT,Suka di cubitin gtO..

    • @Nita:
      Ya yg pertama yg ringan2 dulu, bar besoknya lagi nambah yg agak berat, dst…biar ga bosen olahraga..
      Dicubitin orang ga papa, asal yg prempuan lo, klo yg laki2 pd nyubit, pelintir aja tangannya, biar kapok..:D

      Jangan macem2 sm nita chuby ya..:p

  7. y dch tk cOBa,kta tmen2 c ga chuby2 amat.tp menuruT q ga nyaman jA..
    Y kLW coWo yG nyUbit,tek smaCk dOwn ja y,he..
    oy,mbA..Mw tny tp agak ga nymbung ma topicnya ga papa y.
    cAranya ngasiH foto di alamat e-mail tU gMn c?pny mb Kn da gmbRe kaki bAby gto,tp pnyku kn ga tU,trZ cArane biar da fOtoku gMn tUch mbA.Biar kLiatan gto wjaH cUakeP n’ cHubynya..he..
    tp Q pke Hp,gmN tU ngSh fotoNya?

    • 2Nita:
      Iya di smck down aja, biar dia ga macem2 sm mba…:)
      Eh, idmu dah kuadd lo, biar bs chat brng..

      halah2, cantiknya diumpetin aja, kyk aku kakinya doang..

      Mmmm itu caranya lupa euuuuy..
      Kuharus tanya suamiku dulu…:D

  8. mba..
    q tania 18th.tinggi bdn q 170cm n brat bdn q 53kg..
    iti kurus y mba???
    klo mnurut q kyk’y kurus bgt, soalnya ukuran tangan q kecil bgt!!! g kaya orang normal lainnya,walau mereke kurus,tapi tangannya agak isi..
    trus pipi saya tembem lg…
    kt orng sch g sesuai ma tubuh saya yg kurus…
    apa smua sari-sari makanan masuknya k pipi smua y???

    • @Tania:
      Hihihihi, tembem malah chubby bs ngegemesin..:p

      Bingung memikirkan Berat badan mba kurang atau ga?, coba mba praktekkin rumus2 yg sudah saya posting diatas..
      nanti lihat hasilnya:
      = Obesitas

      Slamat menghitung ya..:)

  9. yeh…
    si mba malah ktawa… he,he,he,,,
    masa sch q hrus menaikkan brat badan dg makan telur 3x shari..
    kmrin z q ngikutin saran dokter untuk sering makan telur…
    eh…
    skrg q malah bisulan..
    mana bergiliran lg dr tiap anggota tubuh..
    tersikasa bgt q mba,,,
    kmren z d bdah ringan bisulnya ma dokter.
    sakiiiiiitttt bgt,,,
    teriak dch!!!

    • @Tania:

      Hehehe, biarin:p

      Nah, tips dari saya sm kyk saran dokter mba kan?
      Rajin makan telur..

      Tp klo bisulan, mba berarti alergi telur, coba tanyakan ke dokter mba pengganti telur apa?
      Hentikan mulai skarang mba, tar mba dibedah lagi deh

      Hiii ngeri skali mba ampe dibedah..sereeeeeem

  10. siang mba…..

    pipiku tembem buanget,
    tapi badan ku udah bagus cieh (heheheh…..)
    kalau aku olah raga malah badan ku tambah kurus and pipinya tetep ja bengkak!!!
    gak ada olahraga atau ramuan tuk ngecilin pipi yaw mba???

    • @Pipit:
      Met malem mba…(loh met siang dibales met malem…hehehe)

      hhihihi, ga ada ramuan buat ngecilin pipi mba, klo mba mau ngecilin pipi, otomatis klo mba olahraga maka lemak akan hilang di seluruh tubuh mba, n pipi mba yg chuby pun bs jd kempes..:)

      Sini saya cubut pipi mba..:p

  11. iya nieh,,
    pipi aqyu juga tembem banged..TT
    pengen dwong jadi keciiiillllll eh…
    tolong yawZ..
    berat badan aqyu juga aga melar..TT

  12. gimana cara ngecilin perut ma paha biar ga gede gede amat
    tapi yang alami alami aja dan gak susah
    minta tipsnya ya mbak !! ^.^
    makasiii

  13. Hi mba Nining….salam kenal ya mba sebelumna….. q bingung banget ne mba liat badan q…q tuh dah diet mati2an mba….semua cara udah q coba…yang ga makan nasilah,,,,yang cuma makan sayur aja…yang minum asam tiap hari,,,minum jamu…..obat langsing,,,semua udah …but,,hasilnya malah badan q rasa na makin gemuk ja….pipi makin chubby ja,,,,mab punya saran g?please bantu q y amba Nining yang baek hati na tidak sombong…..hehehe (Gombal dulu ne biar dikasih tips…. ^ ^ )Thanx banget sebelumna…..

    • @Rhe:
      Salam kmbali mba :)

      Hahaahah mba rhe ini bs aja sih ngerayu diriku :p
      Ga dirayupun insyaa Allah kan kujawab semampuku :p

      Sabar mba, namanya diet ga bs instan, hrs tetep terus disiplin menggontrol makanan yg masuk kedalam tubuh kita..

      Jangan sampai hari ini kita makan sedikit, besoknya makan super banyak..(sama aja boong dong :D)
      Makanlah dgn tetep teratur, tapi dikurangin posrsi makannya..
      Yang dulunya mba makan 2 piring sekali makan, sekarang dikurangin jadi setengah piring ajah..

      Jnagn melihat hasil dulu mba, tp yg penting usaha yg mba lakukan kontinyu..
      skarang blm keliat turun BBnya, cuekin aja, pokoknya terus atur porsi makan..

      met berjuanga mba..
      pasti bisaaaaaaa ^_^

    • silahkan mba :)
      olahraga aja mba, p[ilih jenis yang untuk pembentukan badan :)

      untuk pipi coba sering sering dipijat, ato bs juga memakai masker penghancur lemak di bawah kulit ..:)

  14. aslmualaikm..mbak niningdwi,,uda lama gak buka blognya
    makin keren aja :)
    saya masih sama dgn masalah BB, alhamdulillah gak obesitas, tapi tetep agak mengganggu penampilan..hehe
    olahraga udah (ga rutin wktunya sih, kalo lg mood aj)
    kalo sit up saya sering mba,saya usahakan loncat2 tiap hari,paling gerak gitu
    tapi koq perut tetep aj ya,paha apalagi
    kalo q perhatiin juga, tulangku emang besar,apa kturunan ya??
    satu lagi mba saya doyan makan, apalagi sambel,hehehe.. biar nafsu makan ga gede2 amat gmn caranya ya?
    mav lo mbak jadi curhat
    thank you :)

  15. aslmualaikm..mbak niningdwi,,uda lama gak buka blognya
    makin keren aja :)
    saya masih sama dgn masalah BB, alhamdulillah gak obesitas, tapi tetep agak mengganggu penampilan..hehe
    olahraga udah (ga rutin wktunya sih, kalo lg mood aj)
    kalo sit up saya sering mba,saya usahakan loncat2 tiap hari,paling engga gerak gitu
    tapi koq perut tetep aj ya,paha apalagi
    kalo q perhatiin juga, tulangku emang besar,apa kturunan ya??
    satu lagi mba saya doyan makan, apalagi sambel,hehehe.. biar nafsu makan ga gede2 amat gmn caranya ya?
    mav lo mbak jadi curhat,hehe
    thank you :)

    • Wa’alaikumsalam mba bel…
      Trims dah inget tuk balik lagi ke sini ya :D

      Alhamdulillah, semoga semakin tambah keren n semakin bermanfaat buat yg lain ya :)….
      Ga apa2 curhat, boleh mba, sekalian share penyelesaiannya…

      Kegemukan seseorang itu dipengaruhi oleh asupan makanan juga oleh faktor gen mba, klo gen dari orang tua kurus, ketika badan ingin jadi gemuk, jungkir balikpun tetep akan kurus ….

      Tapi yang pasti, menjaga tubuh agar tidak gemuk memang banyak manfaatnya, disamping untuk sebuah keindahan tubuh juga untuk menjaga kesehatan, karena jika gemuk biasanya mudah terserang penyakit….

      Masalah sambel, gampang solusinya…
      karena mba sambelholic, usahakan cari makanan yg mba paling ga doyan, pasti selera makan hilang kan? hehehe

      Tapi jangan sampe ga makan mba, makan tetap teratur, tapi porsinya dikurangi aja ^_^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s